Lagu Kebangsaan


Aku mulai suka lagu ini karena sering mendengarkannya sebelum pertandingan Jerman dimulai. And I think it’s a good song. Bukan berarti aku nggak nasionalisme atau apa. Aku hafal, kok ama lagu Indonesia Raya sampai saat ini. Cuma, aku sudah sedikit capek menunggu lagu kebangsaan negaraku tercinta ini tidak sesegera mungkin dikumandangkan di event olaharaga terbesar ini. Dan aku masih berkeinginan sampai sekarang … Sebelum nulis lagunya Jerman, di bawah ini adala lirik lagunya National Anthem of Indonesia (langsung 3 stanza :)):

INDONESIA RAYA

Ciptaan :  Wage Rudolf Supratman

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Tanah yang mulia
Tanah kita yang kaya
Di sanalah aku berada Untuk slama-lamanya
Indonesia Tanah pusaka Pusaka Kita semuanya
Marilah kita mendoa Indonesia bahagia

Suburlah Tanahnya Suburlah jiwanya
Bangsanya Rakyatnya semuanya
Sadarlah hatinya Sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Tanah yang suci Tanah kita yang sakti
Disanalah aku berdiri ‘njaga ibu sejati
Indonesia! Tanah berseri Tanah yang aku sayangi
Marilah kita berjanji Indonesia abadi

Slamatlah Rakyatnya Slamatlah putranya
Pulaunya lautnya semuanya
Majulah Negrinya Majulah Pandunya
Untuk Indonesia Raya

Nah, sekarang Germany National Anthem (3rd Stanza):

Das Lied der Deutschen

Ciptaan: August Heinrich Hoffmann von Fallersleben

Einigkeit und Recht und Freiheit
Für das deutsche Vaterland!
Danach laßt uns alle streben
Brüderlich mit Herz und Hand!
Einigkeit und Recht und Freiheit
Sind des Glückes Unterpfand:
Blüh’ im Glanze dieses Glückes,
Blühe, deutsches Vaterland!
Blüh’ im Glanze dieses Glückes,
Blühe, deutsches Vaterland!

Meaning:

Unity and justice and freedom
For the German fatherland!
For these let us all strive
Brotherly with heart and hand!
Unity and justice and freedom
Are the pledge of fortune;
|: Bloom in this fortune’s blessing,
Bloom, German fatherland. :|

4 thoughts on “Lagu Kebangsaan

Leave a Reply

